Publisitas Media Online
Publisitas media online menjadi isu yang hangat dewasa ini seiring dengan perkembangan internet di tanah air. Menurut Rusdin, Zohra El Qonita (2009) Efektivitas media online (website) sebagai media publisitas UMB terhadap mahasiswa aktif fikom (Periode Juni 2009) S1 thesis, Universitas Mercu Buana, menyimpulkan bahwa media online (website) Universitas Mercu Buana sangat efektif dalam menjalankan fungsi dari isi media internal.
Perlu disampaikan bahwa aktifitas publisitas yang dibahas dalam artikel ini adalah publisitas yang dilakukan oleh orang pribadi atau organisasi dalam menyebarkan sebuah informasi.
Aktifitas publisitas mula-mula dilakukan oleh orang pribadi atau organisasi, apabila informasi tersebut tersebar melalu sebuah algoritma tertentu, baru kemudian publisitas dilakukan oleh orang lain atau media massa lain.
Publisitas disini juga bukan sebuah aktifitas iklan berbayar, namun sebuah publikasi organik tanpa melakukan aktifitas advertorial.
Contoh Publisitas Media Online
Dalam rangka membantu para tenaga kesehatan yang sedang bertugas melawan Covid-19, seorang pemilik homestay di Banyumas Jawa Tengah mengalihfungsikan penginapannya menjadi tempat istirahat untuk para tenaga kesehatan. Momen ini pun ia cuit di akun Twitter pribadinya.
Tak lupa ia turut mengetag akun twitter para influencer, blogger, pejabat terkait dan juga jurnalis. Alhasil, cuitannya dalam waktu singkat menjadi trending topik di jagat Twitter dan sebuah kantor berita nasional pun turut membagikan kabar baik ini.
Hotel saya memang kecil, hanya 24 kamar dan mampu menampung 48 orang saja.
— #MentorMenulismu (@BriliAgung) March 27, 2020
Tapi insyaallah per hari ini saya hibahkan semua untuk tempat istirahat nakes di RS Rujukan Covid-19 di Banyumas.
Semoga langkah sederhana ini dapat membantu. @ganjarpranowo pic.twitter.com/hzRqbLc4Cv
Diatas adalah sepenggal contoh publisitas menggunakan media online Twitter yang terjadi pada saat pandemi mulai merebak di tanah air, bulan Maret silam.
Twitter sebagai salah satu platform mikro blog bisa sangat membantu publisitas pada media online. FYI, co founder Twitter dan platform yang sedang anda baca sekarang, Blogspot, merupakan buah karya seorang visioner yang sangat berbaik hati, Evan Williams.
Banyak produk yang Evan hasilkan, gratis namun powerful. Saya rasa saya sangat iri dengan kebaikan hati Evan.
Publisitas Pariwisata
Publisitas Pariwisata (Tourism Publicity) adalah kegiatan penerangan kepariwisataan. Hal-Hal yang perlu dilakukan oleh pelaku pariwisata :
- Menggariskan kebijaksanaan pariwisata jangka panjang dan pendek.
- Membuka kantor penerangan pariwisata di negeri wisatawan prospektif.
- Memberi dorongan kepada pariwisata lokal/daerah.
- Membantu dan mengatur penerangan perusahaan-perusahaan pariwisata (hotel, restoran, objek wisata, pemandu wisata).
- Membangkitkan jenis-jenis wisata, liburan, olah raga, kesehatan dll
- Menyiapkan, memberi dan menyebarkan informasi kepariwisataan melalui berbagai media.
Saat artikel ini ditulis, kondisi pariwisata sedang mengalami penurunan yang sangat luar biasa akibat aktifitas karantina wilayah atau pembatasan sosial berskala besar. Situasi ini bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan promosi tempat wisata secara virtual.
Bisa juga dengan memperdalam pengetahuan dan skill pemasaran secara digital agar saat situasi sudah pulih kembali, publisitas pariwisata menggunakan media online akan lebih memberikan dampak yang positif bagi para pelakunya.
Publisitas Pdf
Sebuah jurnal berbentuk pdf, https://media.neliti.com/media/publications/94798-ID-peranan-publisitas-dalam-meningkatkan-wi.pdf memberikan informasi yang sangat menarik.
Keberhasilan peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Sulawesi Utara tidak lepas dari peran media massa dalam mempublikasi event-event lokal yang dilaksanakan di daerah ini dan sekalipun publikasi potensi daerah hanya berupa informasi keadaan alam dan kebudayaan daerah, bahkan media social berbasis internet ikut berperan mempublikasikan keindahan daerah nyiur melambai.
Saya sendiri belum pernah mendatangi Sulawesi Utara secara langsung. Semoga dalam beberapa waktu kedepan bisa terealisasi melihat keindahan berbagai tempat menarik disana.
Publisitas Produk
Publisitas produk adalah publisitas yang ditujukan untuk menggambarkan atau untuk memberitahu kepada masyarakat & konsumen tentang suatu produk beserta penggunaannya. Istilah produk- sebenarnya tidak hanya berarti barang saja- tetapi juga termasuk orang- dan tempat.
Contohnya mempublikasikan sebuah produk turunan dari lebah, memperkenalkan sebuah sekolah dengan kurikulum andalan serta melakukan branding pembicara pendamping UMKM.
Saya disini juga sedang melakukan publistas produk artikel dan nama brand sebuah blog agar dikenal sebagai salah satu penyedia solusi digital marketing.
Mengembangkan Rancangan Publisitas Pariwisata
Publisitas Wisata
Publisitas wisata adalah sebuah kegiatan yang harus dilakukan oleh pengelola produk wisata agar produknya bisa dikenali oleh publik.
Publisitas yaitu sebuah kegiatan yang harus dilakukan oleh perusahaan agar produknya bisa dikenali oleh publik.
Sebutkan Hal Hal Yang Menunjukkan Berhasil Tidaknya Publisitas
Sifat Berita Adalah Publisitas Artinya
Strategi Public Relation Untuk Menggapai Publisitas Melalui Media Internet
Teori Publisitas
Pembaca dapat menemukan teori publisitas pada laman berikut, https://www.academia.edu/29713609/Promosi_penjualan_dan_publisitas
Sumber :
https://shihab.my.id/2020/03/28/media-relations-strategi-meraih-publisitas/
https://repository.mercubuana.ac.id/25039/
https://media.neliti.com/media/publications/94798-ID-peranan-publisitas-dalam-meningkatkan-wi.pdf
Posting Komentar untuk "Publisitas Media Online"